MarketsExchangeWallet
Bahasa Indonesia
Masuk
Pusat Informasi
Lain-lain
Syarat Dan Ketentuan Pelanggan Aset Kripto Reku
Lain-lain
Syarat Dan Ketentuan Pelanggan Aset Kripto Reku
February 23, 2018

Syarat–syarat dan ketentuan umum Pelanggan Aset Kripto Reku (berikut seluruh lampiran, perubahan dan/atau penambahan serta pembaharuannya selanjutnya disebut sebagai “SKU”), yang berisikan syarat dan ketentuan mengenai penggunaan produk, jasa, teknologi yang diberikan oleh Reku termasuk seluruh fasilitas dan fitur layanan dalam Reku, sepanjang tidak diatur secara khusus oleh yang nama perorangan, alamat perorangan, dan alamat email sebagaimana tercantum pada bagian registrasi akun Reku (selanjutnya disebut sebagai “Pelanggan Aset Kripto”), yang dibuat pada hari dan tanggal sebagaimana tercantum dalam bagian registrasi akun Reku dan merupakan satu kesatuan, tidak terpisahkan dan merupakan persetujuan terhadap SYARAT dan KETENTUAN ini.

Dengan mendaftar menjadi Pelanggan Aset Kripto Reku, Anda menyatakan telah MEMBACA, MEMAHAMI, MENYETUJUI dan MEMATUHI Ketentuan dan Persyaratan di bawah. Anda disarankan membaca semua ketentuan dan persyaratan secara seksama sebelum menggunakan Website atau segala bentuk layanan yang diberikan oleh Reku, dan bersama dengan ini Anda setuju dan mengikatkan diri terhadap seluruh kegiatan dalam SKU ini dengan syarat-syarat dan ketentuan umum sebagai berikut:

Definisi dan Istilah

Definisi dan Istilah

Selama konteks kalimat ini tidak memiliki arti yang lain, frasa dan definisi dalam Persyaratan dan Ketentuan ini memiliki arti sebagai berikut:

  1. Website mengacu pada situs online dengan alamat www.Reku.id. Website ini dikelola oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia, dengan tidak terbatas pada para pemilik, investor, karyawan dan pihak-pihak yang terkait dengan PT Rekeningku Dotcom Indonesia. Tergantung pada konteks, Reku dapat juga mengacu pada jasa, produk, situs, konten atau material lain yang disediakan oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia.
  2. Registrasi adalah halaman pendaftaran dari Reku yang berisikan data-data, keterangan, pernyataan dan fasilitas Reku yang dapat diperoleh oleh Pelanggan Aset Kripto setelah melalui proses registrasi, merupakan satu kesatuan serta tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan.
  3. Layanan adalah jasa yang disediakan oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia memperbolehkan para pembeli dan penjual untuk membeli dan menjual Aset Kripto dalam mata uang Rupiah.
  4. Kegiatan Perdagangan adalah kegiatan transaksi jual-beli Aset Kripto yang didukung oleh Reku, atas dasar adanya pencapaian titik nilai kesepakatan para Pelanggan Aset Kripto.
  5. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang selanjutnya disebut Bappebti adalah lembaga pemerintah yang tugas pokoknya melakukan pembinaan, pengaturan, pengembangan, dan pengawasan perdagangan berjangka.
  6. Pedagang Fisik Aset Kripto adalah pihak yang telah memperoleh persetujuan dari Kepala Bappebti untuk melakukan kegiatan transaksi yang berkaitan dengan Aset Kripto baik atas nama sendiri dan/atau memfasilitasi Pelanggan Aset Kripto.
  7. Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka, yang selanjutnya disebut Pasar Fisik Aset Kripto adalah pasar fisik Aset Kripto yang diselenggarakan menggunakan sarana elektronik yang
    dimiliki oleh Pedagang Fisik Aset Kripto untuk transaksi jual atau beli Aset Kripto yang pengawasan pasarnya dilakukan oleh Bursa Berjangka.
  8. Aset Kripto (Crypto Asset) yang selanjutnya disebut Aset Kripto adalah Komoditi tidak berwujud yang berbentuk digital, menggunakan kriptografi, jaringan informasi teknologi, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru,
    memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.
  9. Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto adalah pihak yang telah memperoleh persetujuan dari Kepala Bappebti untuk mengelola tempat penyimpanan Aset Kripto dalam rangka melakukan penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan dan/atau penyerahan Aset
    Kripto.
  10. Bitcoin adalah salah satu bentuk Aset Kripto maupun bentuk teknologi yang menggunakan konsep desentralisasi dan enkripsi yang dapat diperdagangkan sesama Pelanggan Aset Kripto.
  11. Akun Reku adalah akses yang diberikan kepada Pelanggan Aset Kripto Reku untuk mendapatkan informasi dan untuk melakukan kegiatan perdagangan Bitcoin atau Aset Kripto lainnya.
  12. Nomor Telepon adalah nomor telepon Pelanggan Aset Kripto yang telah didaftar sehingga memperoleh otorisasi untuk mendapatkan layanan. Pengubahan nomor telepon dapat dilakukan mengikuti peraturan tertulis di laman bantuan yang tersedia.
  13. Kata Sandi adalah kumpulan karakter atau string yang terdiri dari rangkaian alfa-numerik atau kombinasi keduanya dan digunakan oleh Pelanggan Aset Kripto untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan pada Reku.
  14. Verifikasi adalah kegiatan pemeriksaan dalam proses registrasi mengenai keterangan-keterangan mengenai calon Pelanggan Aset Kripto dan informasi pribadi, sebelum disetujui atau ditolaknya proses registrasi untuk menjadi Pelanggan Aset Kripto.
  15. Pelanggan Aset Kripto adalah pihak yang menggunakan jasa Pedagang Fisik Aset Kripto untuk membeli atau menjual Aset Kripto yang diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto. Pelanggan Aset Kripto di Reku juga bisa disebut Member Reku.
  16. Deposit adalah proses penyimpanan Bitcoin atau Aset Kripto lainnya ataupun Rupiah oleh Pelanggan Aset Kripto. Dalam syarat dan ketentuan ini, deposit merujuk kepada proses atau mekanisme penambahan (top-up) untuk saldo Rupiah, Bitcoin atau Aset Kripto lainnya dimana proses tersebut dilakukan dengan menggunakan media akun milik Pelanggan Aset Kripto di Reku. Berkenaan dengan mekanisme deposit ini bisa dilakukan dalam dua cara, pertama Pelanggan Aset Kripto mengirimkan saldo Bitcoin atau Aset Kripto lainnya melalui dompet Pelanggan Aset Kripto ke dalam akun Reku dan cara lainnya adalah dengan mengirimkan Rupiah ke dalam akun melalui (via) transfer rekening bank.
  17. Withdraw adalah pemindahan atau penarikan terhadap Bitcoin dan Aset Kripto lainnya atau Rupiah oleh Pelanggan Aset Kripto. Dalam syarat dan ketentuan ini, withdraw juga merujuk terhadap proses pemindahan atau penarikan Bitcoin dan Aset Kripto lainnya ataupun Rupiah dari akun Reku ke wallet atau rekening bank lain. Dalam definisi ini, mekanisme withdraw hanya dapat dilakukan penarikan ke rekening bank yang hanya bisa dilakukan oleh pihak dimana nama pemilik akun bank tersebut sesuai dengan nama pemilik akun Reku.
  18. Harga Bitcoin adalah harga Bitcoin dalam Reku.
  19. Pembeli adalah Pelanggan Aset Kripto yang melakukan pembelian Bitcoin atau Aset Kripto lain melalui Reku. Didalam mekanisme transaksinya, pembeli hanya dapat melakukan pembelian Bitcoin atau Aset Kripto lainya dengan mata uang Rupiah saja.
  20. Penjual adalah Pelanggan Aset Kripto yang melakukan penjualan Bitcoin atau Aset Kripto lain melalui Reku. Di dalam mekanisme transaksinya, penjual hanya dapat melakukan penjualan Bitcoin dengan menggunakan mata uang Rupiah saja.
  21. Rekening Bank adalah rekening bank yang telah didaftarkan oleh Pelanggan Aset Kripto dengan kewajiban kesamaan nama pemegang rekening dan nama Pelanggan Aset Kripto dalam Reku.
  22. Order Book adalah daftar harga jual dan harga beli yang tersedia pada Reku. Pelanggan Aset Kripto dapat membeli atau menjual Bitcoin atau Aset Kripto lainnya menggunakan harga yang tertera dan untuk memudahkan Pelanggan Aset Kripto, Order Book dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
  23. Market Beli adalah Daftar permintaan pembelian Bitcoin lengkap dengan jumlah Bitcoin dan harga yang ditawarkan oleh pembeli.
  24. Market Jual adalah Daftar Bitcoin yang dijual lengkap dengan jumlah Bitcoin dan harga yang diminta oleh penjual.
  25. Alamat Bitcoin adalah alamat yang tertera di menu ‘Deposit Bitcoin‘ berupa alamat Bitcoin yang diciptakan khusus untuk Pelanggan Aset Kripto dan dapat digunakan berkali-kali. Dalam faktor teknisnya, alamat bitcoin memiliki peranan ataupun fungsi untuk menerima Bitcoin yang dikirimkan Pelanggan Aset Kripto dari tempat/wallet lain ke akun Reku.
  26. Wallet adalah media yang dipergunakan untuk menyimpan Aset Kripto baik berupa koin atau token.
  27. Koin adalah salah satu bentuk Aset Kripto yang memiliki konfigurasi blockchain tersendiri dan memiliki karakteristik seperti Aset Kripto yang muncul pertama kali yaitu Bitcoin.
  28. Token adalah salah satu bentuk Aset Kripto yang dibuat sebagai produk turunan dari Koin.
  29. Limit Pengiriman/Penarikan adalah batas minimal dan maksimal dalam melakukan pengiriman Bitcoin atau Aset Kripto lainnya. Limit penarikan Bitcoin ini juga diberlakukan dengan batas penarikan Bitcoin ke wallet lain dan perlu untuk dijelaskan bahwa setiap akun akan memiliki limit penarikan yang berbeda yang disesuaikan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Limit Penarikan uang adalah batas penarikan Rupiah minimal dan maksimal dalam melakukan penarikan ataupun pencairan Rupiah untuk per-harinya. Berkenaan dengan limit penarikan Rupiah, perlu untuk dijelaskan bahwa setiap akun akan memiliki limit penarikan yang berbeda yang disesuaikan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
  30. KYC (Know Your Customer Principles) adalah proses penilaian terhadap calon Pelanggan Aset Kripto dan Pelanggan Aset Kripto untuk mengetahui latar belakang dan itikad baik terhadap perbuatan yang akan dilakukan dalam sebuah kegiatan perdagangan Bitcoin dan Aset Kripto lainnya.
  31. AML (Anti Money Laundering) adalah kegiatan untuk mengantisipasi dan menghentikan praktik pencucian uang.
Proses Registrasi/Pendaftaran Pelanggan Aset Kripto

Proses Registrasi/Pendaftaran Pelanggan Aset Kripto

Informasi dan Data Pelanggan Aset Kripto

Syarat menjadi Pelanggan Aset Kripto di Reku adalah:

  1. Calon Pelanggan Aset Kripto dapat melakukan proses registrasi atau pendaftaran Pelanggan Aset Kripto melalui Website
    • Setuju dan sepakat untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan Umum ini (SKU);
    • Berusia 18 tahun atau lebih.
    • Memiliki identitas dan jatidiri yang sah secara hukum.
  2. Atas setiap proses registrasi, calon Pelanggan Aset Kripto wajib menunjukkan semua dan setiap data berupa:
    • Nama (sesuai dengan Identitas diri yang dilampirkan),
    • Alamat rumah sesuai identitas,
    • Alamat tinggal saat ini,
    • Nomor Telepon atau Handphone (nomor harus aktif dan digunakan secara pribadi),
    • Tempat dan tanggal lahir (sesuai dengan identitas diri yang dilampirkan),
    • Kewarganegaraan,
    • Jenis kelamin,
    • Foto kartu identitas yang masih berlaku. Kartu identitas yang dapat digunakan adalah: Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) khusus Warga Negara Asing (WNA),
    • Pekerjaan,
    • E-mail yang berlaku,
    • Nomor Rekening.
  1. Dan/atau segala sesuatu yang diminta dan diperlukan berkenaan dengan syarat registrasi yang ditentukan, dan calon Pelanggan Aset Kripto dengan ini menyatakan serta menjamin bahwa segala data/keterangan/dokumen/informasi/pernyataan apapun yang diberikan berkenaan dengan proses registrasi sebagai Pelanggan Aset Kripto Reku adalah lengkap, asli, benar dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya serta merupakan data/keterangan/dokumen/informasi/pernyataan terkini yang tidak/belum dilakukan perubahan dan masih berlaku/tidak kadaluarsa serta tidak/belum ada perubahan atau kondisi lainnya yang disetujui berdasarkan kebijakan dalam halaman registrasi pada Reku.
  2. Pelanggan Aset Kripto dengan ini setuju bahwa proses menjadi Pelanggan Aset Kripto di Reku hanya akan berlaku efektif setelah seluruh persyaratan Reku dipenuhi oleh Pelanggan Aset Kripto dan proses registrasi telah melalui proses verifikasi untuk disetujui oleh Reku. Segala risiko yang timbul sehubungan dengan penutupan /pemblokiran/pembekuan akun yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian Pelanggan Aset Kripto, akan menjadi tanggung jawab Pelanggan Aset Kripto dan Reku tidak akan memberikan ganti rugi kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun dalam bentuk apapun atas segala tuntutan/klaim dan ganti rugi dari Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun sehubungan dengan penutupan akun tersebut.
  3. Seluruh data, keterangan, informasi, pernyataan, dokumen yang diperoleh Reku berkenaan dengan Pelanggan Aset Kripto, akan menjadi milik Reku dan Reku berhak untuk melakukan verifikasi, mencocokan, menilai, merahasiakan atau menggunakannya untuk kepentingan Reku sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa kewajiban Reku untuk memberitahukan atau meminta persetujuan, memberikan jaminan atau ganti rugi apapun dan dengan alasan apapun kepada Pelanggan Aset Kripto.
  4. Reku akan mengatur, mengelola dan melakukan pengawasan menurut tata cara/prosedur yang ditetapkan Reku atas segala data, keterangan, informasi, pernyataan, dokumen atau segala sesuatu yang berkenaan dengan Pelanggan Aset Kripto maupun kegiatan usaha atau transaksi Pelanggan Aset Kripto yang terkait dengan akun milik Pelanggan Aset Kripto.
  5. Pelanggan Aset Kripto dengan ini menyetujui dan memberi kuasa kepada Reku untuk menggunakan semua data, keterangan dan informasi yang diperoleh Reku mengenai Pelanggan Aset Kripto termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan sarana komunikasi pribadi Pelanggan Aset Kripto untuk segala keperluan lainnya sepanjang dimungkinkan dan diperkenankan oleh perundang-undangan yang berlaku, termasuk yang bertujuan untuk pemasaran produk-produk Reku, pengolahan data untuk memberikan informasi yang relevan kepada partner, mitra usaha, ataupun pihak lain yang membantu Reku untuk menyediakan platform dan pelayanan, yang bekerjasama dengan Reku. Untuk penggunaan data yang memerlukan persetujuan pihak lain, dengan ini Pelanggan Aset Kripto menyatakan bahwa Pelanggan Aset Kripto telah memperoleh persetujuan tertulis dari pihak ketiga manapun untuk penggunaan data, keterangan dan informasi tersebut, dan karena itu Pelanggan Aset Kripto menjamin dan menyetujui bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala risiko, kerugian, tuntutan dan/atau tanggungjawab yang mungkin timbul dikemudian hari sehubungan dengan penggunaan data, keterangan dan informasi yang telah memperoleh persetujuan tertulis tersebut oleh Reku.
Identitas dan Nama Akun

Identitas dan Nama Akun

  1. Setiap akun yang dibuka akan diadministrasikan Reku berdasarkan identifikasi khusus menurut nama Pelanggan Aset Kripto yang akan berlaku juga sebagai nama/identitas akun sesuai dengan yang tertera pada identitas Pelanggan Aset Kripto. Pelanggan Aset Kripto dilarang untuk menggunakan akun Pelanggan Aset Kripto selain akun milik Pelanggan Aset Kripto, atau mengakses akun Pelanggan Aset Kripto lain, atau membantu orang lain untuk mendapatkan akses tanpa izin ke dalam akun tersebut. Seluruh penggunaan akun Pelanggan Aset Kripto adalah tanggung jawab sepenuhnya dari pemilik akun yang terdata di dalam sistem Reku.
  2. Pelanggan Aset Kripto wajib menggunakan dan mencantumkan email Pelanggan Aset Kripto dan kata sandi yang telah diverifikasi Reku pada saat registrasi. Sistem Reku akan menolak secara otomatis proses layanan atas akun, bilamana tidak disertai dengan email dan kata sandi yang benar. Pelanggan Aset Kripto bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi, akun, PIN, akses wallet Bitcoin, akses wallet Aset Kripto lainnya, akses login email dan segala jenis aktivitas yang meliputi transaksi di dalam akun Pelanggan Aset Kripto. Pelanggan Aset Kripto bertanggungjawab penuh atas penggunaan kata sandi dan akun pada Reku.
  3. Apabila terjadi penggunaan sandi dan/atau akun tanpa seizin Pelanggan Aset Kripto dan terjadi dugaan pelanggaran lain, Pelanggan Aset Kripto wajib menghubungi Reku dengan mengirimkan e-mail ke [email protected] disertai informasi pendukung. Reku tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan atas adanya penyalahgunaan akun dan/atau kata sandi, dengan atau tanpa sepengetahuan Pelanggan Aset Kripto.
  4. Pelanggan Aset Kripto setuju tidak akan menggunakan jasa yang disediakan oleh Reku untuk melakukan tindakan kriminal dalam bentuk apapun, termasuk namun tidak terbatas pada, pencucian uang, perjudian, pembelian barang ilegal, kegiatan teroris atau kegiatan hacking. Setiap Pelanggan Aset Kripto yang melanggar peraturan tersebut dapat diberhentikan dan harus bertanggungjawab dengan kerugian yang dialami oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia atau para pengguna lain. PT Rekeningku Dotcom Indonesia berhak menutup akun dan membekukan dana, Aset Kripto dan transaksi di dalamnya apabila menemukan aktifitas yang mencurigakan di dalam akun tersebut hingga waktu yang tidak ditentukan.
Media Informasi Akun

Media Informasi Akun

Pelanggan Aset Kripto dapat mengetahui informasi akun Reku miliknya melalui layanan Reku yang disediakan dan ditetapkan oleh Reku.

PERUBAHAN

Bahwa untuk perubahan, berlaku ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

Perubahan Password

Bahwa terdapat 2 (dua) mekanisme perubahan password, sebagai berikut:

1. Alasan Keamanan

Perubahan password karena alasan keamanan dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:

a. Perubahan Data Pendukung

Perubahan dan Pembaruan Data Pendukung wajib dilakukan oleh Pelanggan Aset Kripto terhadap data berupa nomor telepon, alamat e-mail dan data pendukung lainnya sesuai dengan kondisi terkini. Hal ini sesuai dengan prinsip KYC (Know Your Customer Principles) yang diterapkan oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia.

Perubahan dan Pembaharuan Data dilakukan dengan melakukan pengiriman e-mail dengan subjek ‘Perubahan Data’ ke [email protected] dengan menuliskan data apa yang ingin disesuaikan oleh Pelanggan Aset Kripto disertai alasan perubahan. Proses perubahan wajib disertai dengan pencantuman softcopy identitas diri, username, nama lengkap, alamat, e-mail, data lama yang ingin diubah dan data perubahannya. Untuk selanjutnya, Tim verifikasi akan memberikan notifikasi dengan menghubungi nomor telepon utama atau nomor telepon alternatif yang telah terdaftar, demi menunjang segala proses tersebut terselesaikan secara tepat waktu maka diminta kesediaanya untuk memastikan nomor tersebut dalam kondisi aktif dan dapat dihubungi.

b. Perubahan nama akun sebelum proses verifikasi

Dalam hal perubahan nama akun yang dilakukan sebelum proses verifikasi. klik menu setting > Verifikasi akun. Edit kolom nama lengkap dan isi dengan nama akun yang sesuai dengan identitas kemudian klik tombol SAVE selanjutnya upload Foto Identitas Diri dan Foto Pemilik Akun selanjutnya klik tombol VERIFY . Bahwa proses penggantian nama Akun akan di verifikasi oleh Reku. Nama akun harus sesuai dengan identitas diri pemilik akun.

Perubahan Password

Pelanggan Aset Kripto dapat mengubah password akun Reku miliknya. untuk mengubah password, Pelanggan Aset Kripto diwajibkan memasukkan password lama, password baru dan konfirmasi password baru, serta kode pin Google Authenticator atau verifikasi pin SMS.

  1. Pilih menu ‘Verifikasi Akun’ dan klik tombol ‘UBAH PASSWORD’.
  2. Pelanggan Aset Kripto melakukan re-login ke www.Reku.id.

2. Lupa Password

Perubahan password karena alasan tidak ingat akan password yang dimiliki dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:

Pelanggan Aset Kripto melakukan login ke www.Reku.id.

  1. Klik ‘Lupa Password’
  2. Pelanggan Aset Kripto diwajibkan memasukkan alamat e-mail Pelanggan Aset Kripto dan klik ‘RESET PASSWORD’.
  3. Dalam e-mail Pelanggan Aset Kripto terdapat petunjuk yang dikirim oleh Reku.

Pelanggan Aset Kripto akan terhubung kembali ke www.Reku.id Masukkan password baru Pelanggan Aset Kripto di dalam kolom yang telah disediakan. Masukkan kembali password baru anda di kolom ulangi password baru anda.

Login dengan password baru.

Kegiatan Perdagangan di Reku

Kegiatan Perdagangan Di Reku

Website memperkenankan Pelanggan Aset Kripto untuk melakukan kegiatan perdagangan pada Website mengenai:

  1. Pembelian Bitcoin dan Aset Kripto dengan mata uang Rupiah.
  2. Penjualan Bitcoin dan Aset Kripto dengan mata uang Rupiah.
  3. Melakukan deposit uang dalam mata uang Rupiah.
  4. Melakukan penarikan dalam mata uang Rupiah.
  5. Melakukan deposit dalam berbagai bentuk Aset Kripto.
  6. Melakukan pengiriman Aset Kripto kepada Pelanggan Aset Kripto lain di dalam, maupun pengguna Aset Kripto di luar Reku.

Tata Cara Transaksi Reku

Metode Market Maker atau Limit

Merupakan metode dalam layanan dimana Pelanggan Aset Kripto dapat menentukan sendiri harga yang diinginkan dalam melakukan transaksi perdagangan Aset Kripto baik menggunakan Rupiah maupun Aset Kripto. Order yang masuk hanya akan tereksekusi dari harga terbaik yang ada di order book sampai di harga yang sudah ditentukan oleh Pelanggan Aset Kripto.

Metode Market Taker atau Market

Merupakan metode dalam layanan dimana Pelanggan Aset Kripto dapat melakukan pembelian/penjualan Aset Kripto secara instan atau langsung dengan membeli/menjual pada nominal order book yang ada tanpa perlu menunggu harga menyentuh titik nominal yang diinginkan. Order yang masuk akan langsung tereksekusi mulai dari harga terbaik yang ada di order book sampai jumlah yang Pelanggan Aset Kripto ingin beli/jual habis tereksekusi.

BIAYA TRANSAKSI

Biaya transaksi di Reku dapat dilihat selengkapnya pada link berikut ini: www.reku.id/fees.

PENOLAKAN DAN PENUNDAAN TRANSAKSI

  1. Reku berhak untuk melakukan penundaan dan/atau penolakan transaksi apabila Reku mengetahui atau berdasarkan pertimbangan, menduga bahwa kegiatan penipuan dan/atau aksi kejahatan telah dan/atau akan dilakukan.
  2. Pelanggan Aset Kripto setuju dan mengakui bahwa sepanjang diperbolehkan oleh ketentuan Hukum yang berlaku, Reku wajib menolak untuk memproses segala transaksi.
  3. Pelanggan Aset Kripto mengakui bahwa Reku tunduk kepada Undang-Undang tentang kejahatan keuangan, termasuk namun tidak terbatas pada, Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang yang berlaku di Indonesia dan secara internasional, segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan kebijakan internal Reku. Untuk tujuan tersebut, Pelanggan Aset Kripto dengan ini setuju untuk memberikan segala informasi yang diminta oleh Reku guna memenuhi peraturan perundang-undangan tersebut termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, usia, jenis kelamin, keterangan identitas pribadi, pendapatan, pekerjaan, harta kekayaan, hutang, sumber kekayaan, tujuan pembukaan akun, tujuan investasi, segala rencana keuangan atau informasi keuangan terkait lainnya dari Pelanggan Aset Kripto. Jika diperlukan oleh Reku, Pelanggan Aset Kripto juga setuju untuk menyediakan data terbaru tentang informasi tersebut kepada Reku.
  4. Reku berkewajiban untuk mematuhi hukum, peraturan dan permintaan lembaga masyarakat dan pemerintah dalam yurisdiksi yang berbeda-beda yang berkaitan dengan pencegahan atas pembiayaan untuk, antara lain, teroris dan pihak yang terkena sanksi. Hal ini dapat menyebabkan Reku untuk melakukan pencegatan dan menyelidiki segala perintah pembayaran dan informasi atau komunikasi lainnya yang dikirimkan kepada atau oleh Pelanggan Aset Kripto, atau atas nama Pelanggan Aset Kripto melalui sistem Reku. Proses ini juga dapat melibatkan Reku untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan apakah nama yang muncul dalam segala transaksi yang dilakukan atau akan dilakukan oleh Pelanggan Aset Kripto melalui akunnya adalah nama teroris.
  5. Reku tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kerugian (baik secara langsung dan termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan keuntungan atau bunga) atau kerugian yang diderita oleh pihak manapun yang timbul dari segala penundaan atau kelalaian dari Reku untuk memproses segala perintah pembayaran tersebut atau informasi atau komunikasi lainnya atau untuk melaksanakan segala kewajiban lainnya, yang disebabkan secara keseluruhan atau sebagian oleh segala tindakan yang diambil berdasarkan angka 4 ketentuan Penolakan dan Penundaan Transaksi ini.
  6. Reku berwenang untuk melakukan pemantauan atas akun Pelanggan Aset Kripto dalam rangka pencegahan kejahatan keuangan.

PEMBATALAN TRANSAKSI

Pelanggan Aset Kripto mengerti, memahami dan setuju bahwa terhadap transaksi yang telah dilakukan melalui Reku bersifat final dan tidak dapat dilakukan pembatalan oleh Pelanggan Aset Kripto.

KOREKSI/PENYESUAIAN TRANSAKSI

Apabila terdapat kesalahan data transaksi pada sistem perdagangan, maka Reku berhak untuk melakukan penyesuaian terhadap kesalahan data transaksi pada system perdagangan tersebut.

TRANSAKSI MENCURIGAKAN

  1. Dalam hal terjadinya transaksi mencurigakan yang dilakukan melalui fasilitas Reku, maka Reku berhak untuk menghentikan/menonaktifkan akun Reku pada Pelanggan Aset Kripto dan memblokir dana transaksi serta melakukan penundaan transaksi kepada Pelanggan Aset Kripto, sampai dengan adanya pemberitahuan dari Reku.
  2. Dalam hal terjadi transaksi mencurigakan dan/atau transaksi yang melebihi batasan volume transaksi yang ditetapkan oleh Reku terhadap Pelanggan Aset Kripto karena alasan apapun juga, maka Reku berhak sewaktu-waktu menunda pengkreditan dana ke akun Reku Pelanggan Aset Kripto dan/atau melakukan pemblokiran wallet Pelanggan Aset Kripto sampai proses investigasi selesai dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan oleh Reku.

Apabila terbukti bahwa transaksi tersebut pada angka 1 dan 2 tersebut diatas mengenai transaksi mencurigakan adalah transaksi yang melanggar SYARAT DAN KETENTUAN dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka Pelanggan Aset Kripto dengan ini memberi kuasa kepada Reku untuk mendebet Bitcoin atau Aset Kripto pada wallet Pelanggan Aset Kripto untuk mengganti kerugian Reku yang timbul akibat transaksi tersebut, tanpa mengurangi hak Reku untuk melakukan tuntutan ganti rugi atas seluruh kerugian yang timbul akibat transaksi tersebut dan Pelanggan Aset Kripto dengan ini setuju bahwa Reku tidak wajib melakukan pengembalian atas dana yang ditunda pengkreditannya oleh Reku atau dana yang diblokir sebagaimana dimaksud pada angka 2 ketentuan mengenai transaksi mencurigakan ini.

BATAS PENARIKAN

Pelanggan Aset Kripto dengan ini menyatakan setuju untuk mematuhi batas penarikan baik terhadap Aset Kripto maupun uang yang berlaku terhadap akun Pelanggan Aset Kripto, dan Reku yang dalam hal ini menerapkan prinsip Anti Money Laundering (AML) sesuai dengan regulasi Pemerintah Republik Indonesia diberi kuasa serta hak untuk tidak melakukan proses terhadap transaksi yang telah melebihi batas penarikan harian yang sudah ditentukan oleh Reku

Batas penarikan direset ulang atau kembali pada angka 0 (nol) setiap pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Layanan

Layanan

Layanan Aplikasi Online Reku

PT Rekeningku Dotcom Indonesia menyediakan layanan dalam bentuk online application (selanjutnya disebut sebagai “Aplikasi Reku”), dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Dalam perihal penggunaan aplikasi Reku oleh Pelanggan Aset Kripto dan pengguna, Reku berhak untuk meminta dan mengumpulkan informasi berkenaan dengan perangkat seluler yang digunakan Pelanggan Aset Kripto untuk mengakses aplikasi yang disediakan termasuk namun tidak terbatas untuk perangkat keras, sistem operasi, pengenal perangkat unik, informasi jaringan seluler juga termasuk data pribadi seperti alamat surat elektronik kami, alamat, nomor telepon seluler, alias, kata sandi, kode PIN Seller dan informasi lainnya yang diperlukan untuk menggunakan layanan aplikasi seluler ini.
  2. Aplikasi Reku telah diuji oleh para peneliti dan pengembang Reku dan didalam penggunaannya, Reku menghimbau untuk berhati-hati didalam pemakaiannya dan Reku tidak dapat menjamin performa dan aplikasi ini selalu berjalan dengan hasil yang dikehendaki.
  3. Reku dan para pengembang tidak bertanggung jawab dan terikat untuk segala bentuk keuntungan maupun kerugian yang dimungkinkan terjadi sebagai akibat dari penggunaan aplikasi ini. Keuntungan yang dimaksud mengacu pada bertambahnya jumlah saldo dalam bentuk format Aset Kripto ataupun Rupiah. Sedangkan untuk kerugian yang dimaksud, hal tersebut termasuk namun tidak terbatas untuk: berkurangnya jumlah saldo dalam format Aset Kripto dan/atau Rupiah, kegagalan untuk menjalankan API dan segala perintahnya, masalah jaringan/sinyal, terjadinya error pada sistem atau error yang disebabkan karena faktor-faktor dalam bentuk lain.
  4. Dalam pemakaian aplikasi Reku ini, Pelanggan Aset Kripto ataupun pengguna telah menyetujui bahwa dalam kondisi apapun, Pelanggan Aset Kripto dilarang untuk: menggandakan, melakukan penyalinan, memproduksi ulang, menerjemahkan, mengganti sistem, memodifikasi, melepas pemasangan, melepas susunan atau mencoba untuk menderivasikan kode sumber dari produk perangkat lunak ini.
  5. Segala keputusan didalam penggunaan aplikasi Reku ini adalah keputusan secara suka rela atau independen yang dibuat oleh Pelanggan Aset Kripto ataupun Pengguna tanpa adanya paksaan dari Reku dan Pengembang. Atas perihal ini, Pelanggan Aset Kripto ataupun Pengguna melepaskankan Reku dan Pengembang dari segala bentuk tuntutan, ganti rugi dan segala tanggung jawab dalam bentuk apapun.
  6. Pelanggan Aset Kripto atau Pengguna menyatakan telah mengerti batasan-batasan keamanan dan privasi namun tidak terbatas kepada: (i) batasan ukuran dan fitur keamanan, privasi, dan autentikasi dalam layanan; dan (ii) segala data dan informasi di dalam layanan mungkin dapat mengarah ke penyadapan, pemalsuan, spam, sabotase, pembajakan kata sandi, gangguan, penipuan, penyalahgunaan elektronik, peretasan, dan kontaminasi sistem, termasuk namun tanpa pembatasan, virus, worms, dan Trojan horses, yang menyebabkan ketidakabsahan, kerusakan, maupun akses yang berbahaya, dan/atau pemulihan informasi atau data dalam komputer anda atau bahaya keamanan dan privasi lainnya. Apabila anda tidak menghendaki untuk dikenai risiko – risiko tersebut, anda disarankan untuk tidak penggunakan perangkat lunak maupun layanan ini.

Kerjasama Layanan

PT Rekeningku Dotcom Indonesia tidak bekerjasama dalam hal apapun dengan perusahaan-perusahaan Arisan Berantai, Cloud Mining, MLM, Ponzi Scheme, Money Game dan HYIP yang menawarkan profit dari perdagangan atau penggunaan Aset Kripto, dan tidak bekerjasama dengan pihak manapun tanpa ada pengumuman resmi dari PT Rekeningku Dotcom Indonesia dan PT Rekeningku Dotcom Indonesia tidak bertanggung jawab atas penggunaan layanan tersebut diatas oleh Pelanggan Aset Kripto.

Perusahaan yang tidak terdata di dalam Reku dapat diartikan sebagai tidak maupun belum bekerjasama dengan PT Rekeningku Dotcom Indonesia, dan PT Rekeningku Dotcom Indonesia tidak merekomendasi perusahaan manapun termasuk perusahaan yang menjadi partner. Segala keputusan untuk menggunakan layanan tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

PT Rekeningku Dotcom Indonesia dengan ini menjelaskan bahwa tidak memiliki afiliasi resmi dengan partner yang telah disebutkan pada pernyataan di atas. Segala transaksi yang terjadi antara Pelanggan Aset Kripto dengan perusahaan-perusahaan di atas bukan merupakan tanggung jawab PT Rekeningku Dotcom Indonesia.

Pernyataan dan Jaminan

Pernyataan dan Jaminan

  1. Semua layanan dalam Reku tidak memberikan jaminan ataupun garansi apapun dan Reku tidak menjamin bahwa Website akan selalu dapat diakses setiap waktu.
  2. Pelanggan Aset Kripto menyatakan dan menjamin akan menggunakan fasilitas Reku dengan baik dan penuh tanggung jawab serta tidak melakukan tindakan yang berlawanan dengan hukum, undang-undang serta peraturan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  3. Pelanggan Aset Kripto menyatakan dan menjamin tidak akan menggunakan fasilitas Reku dalam penjualan barang dan/jasa yang berhubungan dengan:
  • Narkotika, bahan dan/atau zat kimia untuk penelitian;
  • Uang dan apapun yang sejenis dengan uang, termasuk derivative;
  • Barang dan/atau jasa yang melanggar Hak Kekayaan Intelektual;
  • Amunisi, senjata api, bahan peledak, senjata tajam sesuai dengan Ketentuan Hukum yang berlaku;
  • Barang dan/atau jasa yang menunjukkan informasi pribadi dari Pihak Ketiga yang melanggar hukum yang berlaku;
  • Dukungan terhadap skema Ponzi dan program matriks;
  • Barang dan/atau jasa yang berhubungan dengan pembelian lotre, lay-away system;
  • Jasa yang terkait dengan perbankan yang berada di luar wilayah Republik Indonesia;
  • Pembayaran kartu kredit;
  • Penyelesaian kredit dan/atau penyelesaian hutang;
  • Dukungan terhadap organisasi terlarang atau dilarang oleh pemerintah.
  1. Pelanggan Aset Kripto menyatakan dan menjamin untuk tidak menggunakan layanan terhadap perbuatan yang terlibat dalam praktek perjudian dan/atau kegiatan lain yang mengenakan biaya masuk dan menjanjikan hadiah, termasuk namun tidak terbatas pada permainan kasino, perjudian dalam olahraga, usaha yang memfasilitasi perjudian dan cara undian.
  2. Pelanggan Aset Kripto menyatakan dan menjamin bahwa seluruh data, informasi dan dokumen yang diberikan Pelanggan Aset Kripto kepada Reku merupakan data, informasi dan dokumen yang sebenar-benarnya, sah, jujur, transparan, lengkap dan akurat. Pelanggan Aset Kripto menyatakan bersedia dituntut secara pidana maupun perdata apabila Reku mengetahui atau memperoleh informasi dari pihak manapun bahwa data, informasi dan dokumen yang diberikan Pelanggan Aset Kripto ternyata tidak benar/tidak sepenuhnya benar/palsu. Pelanggan Aset Kripto bersedia untuk melakukan pembaharuan data/informasi (profile update) apabila sewaktu-waktu diminta oleh Reku dan selanjutnya seluruh dokumen yang sudah diberikan menjadi sepenuhnya milik Reku.
  3. PT Rekeningku Dotcom Indonesia telah memberikan keterangan dan penjelasan yang cukup mengenai fasilitas Reku yang akan dipergunakan Pelanggan Aset Kripto sesuai dengan ketentuan pada SKU dan Pelanggan Aset Kripto telah mengerti dan memahami serta bersedia menanggung segala konsekuensi yang mungkin timbul sehubungan dengan penggunaan layanan dan fasilitas Reku termasuk manfaat, resiko dan biaya-biaya yang melekat fasilitas dan layanan.
  4. Pelanggan Aset Kripto dengan ini menyetujui dan memberi kuasa kepada Reku untuk menggunakan semua data, keterangan dan informasi yang diperoleh Reku mengenai Pelanggan Aset Kripto termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan sarana komunikasi pribadi Pelanggan Aset Kripto untuk segala keperluan lainnya sepanjang dimungkinkan dan diperkenankan oleh perundang-undangan yang berlaku, termasuk yang bertujuan untuk pemasaran produk-produk Reku ataupun pihak lain, yang bekerjasama dengan Reku. Untuk penggunaan data yang memerlukan persetujuan pihak lain, dengan ini Pelanggan Aset Kripto menyatakan bahwa Pelanggan Aset Kripto telah memperoleh persetujuan tertulis dari pihak ketiga manapun untuk penggunaan data, keterangan dan informasi tersebut, dan karena itu Pelanggan Aset Kripto menjamin dan menyetujui bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala risiko, kerugian, tuntutan dan/atau tanggungjawab yang mungkin timbul dikemudian hari sehubungan dengan penggunaan data, keterangan dan informasi yang telah memperoleh persetujuan tertulis tersebut oleh Reku.
  5. Pelanggan Aset Kripto menyatakan dan menjamin bahwa transaksi yang dilakukan dengan menggunakan layanan Reku adalah transaksi yang tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan ketentuan mengenai penerimaan pelaksanaan transaksi sebagaimana diatur dalam SKU. Dalam hal Reku menemukan indikasi pelaksanaan transaksi yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan atau ketentuan mengenai penerimaan pelaksanaan transaksi yang diatur dalam SKU, maka Reku mempunyai hak penuh untuk menutup akun Pelanggan Aset Kripto dengan menonaktifkan layanan Reku pada Pelanggan Aset Kripto, dan Pelanggan Aset Kripto dengan ini setuju bahwa Reku dengan ini tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto, atau pihak manapun atas segala klaim dan atau tuntutan yang timbul sehubungan dengan penonaktifan layanan Reku pada Pelanggan Aset Kripto.
  6. Pelanggan Aset Kripto menyatakan dan menjamin bahwa resiko terhadap penggunaan layanan, produk dan promosi Pihak Ketiga dengan Pelanggan Aset Kripto (apabila ada), ditanggung oleh Pelanggan Aset Kripto, dan Pelanggan Aset Kripto menyatakan bahwa Reku tidak bertanggung jawab atas layanan dan kinerja layanan Pihak Ketiga.
  7. Pelanggan Aset Kripto dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya dan setuju bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala kerugian dan atau klaim dan atau tuntutan yang timbul atau mungkin dialami oleh Reku sebagai akibat dari kelalaian atau kegagalan Pelanggan Aset Kripto dalam menjalankan transaksi.
  8. Pelanggan Aset Kripto dengan ini memberikan jaminan kepada Reku bahwa Pelanggan Aset Kripto beserta dengan seluruh karyawannya dan atau pihak lain yang bekerja sama dengan Pelanggan Aset Kripto tidak akan memperbanyak dan atau membuat, memberikan, menyewakan, menjual, memindahkan, mengalihkan, dan atau mengalih-fungsikan layanan Reku baik sebagian atau seluruhnya kepada pihak lain dengan alasan apapun, termasuk namun tidak terbatas pada penyalahgunaan layanan Reku untuk melakukan transaksi selain dari yang telah ditentukan dalam SKU dengan maksud apapun, termasuk namun tidak terbatas untuk kejahatan/penipuan/kecurangan. Apabila Pelanggan Aset Kripto melanggar ketentuan tersebut, maka Pelanggan Aset Kripto wajib bertanggung jawab atas segala kerugian, tuntutan dan atau gugatan yang timbul akibat dari pelanggaran tersebut dan dengan ini setuju bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala klaim dan atau tuntutan dan atau gugatan yang timbul akibat pelanggaran tersebut.
Tanggung Jawab

Tanggung Jawab

Pelanggan Aset Kripto setuju untuk menanggung setiap risiko, kerugian atau akibat yang diderita Pelanggan Aset Kripto yang disebabkan oleh, antara lain:

  1. kerusakan, keterlambatan, kehilangan atau kesalahan pengiriman perintah dan komunikasi, secara elektronik yang disebabkan oleh Pelanggan Aset Kripto.
  2. Laporan akun Reku atau pemberitahuan penggunaan fasilitas Reku yang dikirim kepada Pelanggan Aset Kripto diterima atau dibaca atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang atas akun Reku.
  3. Password akun diketahui oleh orang/pihak lain atas kesalahan Pelanggan Aset Kripto.
  • Pelanggan Aset Kripto memahami dan setuju bahwa Pelanggan Aset Kripto akan menggunakan akun dan fasilitas Reku untuk transaksi yang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang – undangan dan/atau kebijakan internal Reku yang berlaku dan/atau peraturan – peraturan lainnya yang berlaku secara nasional maupun internasional yang terkait dengan pelaksanaan transaksi tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung, dan Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala klaim dan/atau tuntutan dan/atau kerugian yang timbul sehubungan dengan penggunaan fasilitas Reku oleh Pelanggan Aset Kripto untuk transaksi yang dikategorikan sebagai transaksi yang mencurigakan dan/atau transaksi yang dilarang oleh ketentuan peraturan perundang – undangan dan/atau kebijakan internal Reku yang berlaku dan/atau peraturan–peraturan lainnya yang berlaku baik secara nasional maupun secara internasional yang terkait dengan kegiatan transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan Aset Kripto secara langsung maupun tidak langsung.
  • Dalam melakukan transaksi menggunakan fasilitas Reku, Pelanggan Aset Kripto mengerti dan menyetujui bahwa terdapat sanksi – sanksi tertentu yang dikenakan oleh pemerintah, termasuk pemerintah Negara lain, dan/atau instansi berwenang lainnya terhadap beberapa negara, badan dan perorangan. Mengacu pada hal tersebut, Reku berhak untuk tidak melaksanakan/memproses transaksi yang merupakan pelanggaran terhadap ketentuan sanksi tersebut, dan instansi berwenang dapat mensyaratkan pengungkapan informasi terkait. Reku tidak bertanggung jawab apabila Reku atau pihak lain gagal atau menunda pelaksanaan transaksi, atau pengungkapan informasi sebagai akibat pelanggaran langsung maupun tidak langsung atas ketentuan sanksi tersebut.
Resiko

Resiko

  1. Perdagangan Aset Kripto merupakan aktifitas berisiko tinggi. Harga Aset Kripto fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Sehubungan dengan fluktuasi harga, nilai aset dapat bertambah maupun berkurang secara signifikan sewaktu-waktu. Semua Aset Kripto berpotensi untuk mengalami perubahan nilai secara drastis atau bahkan menjadi tidak berarti. Terdapat risiko kehilangan yang tinggi sebagai dampak dari membeli, menjual, atau berdagang apapun di pasar dan PT Rekeningku Dotcom Indonesia tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai kurs Aset Kripto.
  2. Perdagangan Aset Kripto juga memiliki risiko tambahan yang tidak dialami oleh Aset Kripto di pasar. Tidak seperti mata uang kebanyakan yang dijamin oleh pemerintah atau lembaga legal lainnya, atau oleh emas dan perak, Aset Kripto merupakan sebuah Aset “virtual” yang unik dan dijamin oleh teknologi dan rasa percaya. Tidak ada bank sentral yang dapat mengontrol, melindungi nilai Aset Kripto dalam krisis, atau mencetak Aset Kripto tersebut.
  3. Pelanggan Aset Kripto dihimbau untuk berhati-hati dalam mengukur situasi finansial dan memastikan bahwa Pelanggan Aset Kripto bersedia menghadapi risiko yang ada dalam menjual, membeli, atau berdagang Aset Kripto. Pelanggan Aset Kripto disarankan dengan sangat untuk melakukan riset pribadi sebelum membuat keputusan untuk memperjualbelikan Aset Kripto. Semua keputusan perdagangan Aset Kripto merupakan keputusan independen oleh pengguna secara sadar tanpa paksaan dan melepaskan PT Rekeningku Dotcom Indonesia atas kegiatan perdagangan Aset Kripto lainnya.
  4. Reku tidak menjamin kelangsungan jangka panjang dari Aset Kripto yang diperdagangkan maupun ditukar di dalam marketplace ini.
  5. Berkenaan dengan kegiatan penambangan Bitcoin perlu untuk diluruskan dan ditegaskan bahwa PT Rekeningku Dotcom Indonesia tidak melakukan kegiatan menambang, memproduksi atau mencetak Aset Kripto. Aset Kripto diciptakan dan ditambang menggunakan software khusus oleh para penambang (miner) yang tersebar secara acak di seluruh dunia dan saling terhubung dengan teknologi peer-to-peer di jaringan Blockchain.
Larangan

Larangan

Tanpa mengurangi maksud dari ketentuan mengenai larangan-larangan yang terdapat dalam SKU, maka Pelanggan Aset Kripto dilarang untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pelanggan Aset Kripto tidak diperbolehkan melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi Reku dan atau yang bertentangan dengan SKU dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Pelanggan Aset Kripto wajib untuk bertransaksi dengan hanya menggunakan trading platform yang sudah disediakan oleh Reku, apabila Pelanggan Aset Kripto menggunakan trading platform di luar dari trading platform yang sudah disediakan oleh Reku, maka secara sistem akan mendeteksi penyimpangan yang akan mengakibatkan kesulitan dalam mengakses akun, bertransaksi, sampai dengan suspend akun milik Pelanggan Aset Kripto. Hal ini bertujuan untuk melindungi trading platform Reku dari serangan SPAM.
  3. Apabila Pelanggan Aset Kripto melanggar salah satu atau beberapa ketentuan dalam ketentuan ini, maka Pelanggan Aset Kripto akan bertanggung jawab sepenuhnya dan dengan ini setuju bahwa atas pelanggaran tersebut Reku berhak untuk membatasi fitur penggunaan layanan Reku dan Pelanggan Aset Kripto mengetahui dan setuju bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala resiko atau akibat yang timbul atas pembatasan penggunaan layanan tersebut. Pelanggan Aset Kripto selanjutnya berkewajiban untuk membayar ganti rugi kepada Reku sebesar nilai kerugian yang mungkin dialami Reku atas pelanggaran tersebut. Pelanggan Aset Kripto dengan ini memberikan kuasa kepada Reku untuk melakukan pendebetan akun Reku Pelanggan Aset Kripto untuk pembayaran ganti rugi tersebut. Dalam hal dana pada akun Reku Pelanggan Aset Kripto tidak tersedia dan atau tidak mencukupi, maka Pelanggan Aset Kripto wajib mengembalikan seluruh dana tersebut secara tunai kepada Reku dalam waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sejak Reku mengajukan klaim dimaksud.
Kerahasiaan

Kerahasiaan

Selama bekerjasama dengan Reku dan pada setiap waktu sesudahnya, maka:

  1. Setiap informasi dan atau data yang diberikan oleh Reku kepada Pelanggan Aset Kripto dan atau data yang diperoleh Pelanggan Aset Kripto sebagai pelaksanaan dari SKU baik yang diberikan atau disampaikan secara lisan, tertulis, grafik atau yang disampaikan melalui media elektronik atau informasi dan atau data dalam bentuk lainnya selama berlangsungnya pembicaraan atau selama pekerjaan lain adalah bersifat rahasia (selanjutnya disebut sebagai “Informasi Rahasia”).
  2. Pelanggan Aset Kripto setuju dan sepakat bahwa setiap saat akan merahasiakan informasi rahasia yang diperoleh sebagai pelaksanaan dari kerjasama kepada siapapun atau tidak akan menggunakannya untuk kepentingan Pelanggan Aset Kripto atau kepentingan pihak lainnya, tanpa terlebih dahulu memperoleh persetujuan tertulis dari pejabat yang berwenang dari PT Rekeningku Dotcom Indonesia atau pihak yang berwenang lainnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Apabila Pelanggan Aset Kripto melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam angka 1 dan 2 ketentutan mengenai kerahasiaan ini, maka segala kerugian, tuntutan dan atau gugatan yang dialami Reku merupakan tanggung jawab Pelanggan Aset Kripto sepenuhnya, dan atas permintaan pertama dari Reku, Pelanggan Aset Kripto berkewajiban untuk menyelesaikannya sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku dan memberikan ganti rugi yang mungkin timbul akibat pelanggaran tersebut kepada Reku. Pelanggan Aset Kripto dengan ini setuju bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala tuntutan dan atau gugatan yang mungkin timbul dikemudian hari sehubungan dengan pelanggaran tersebut.
  4. Kewajiban untuk menyimpan informasi rahasia sebagaimana dimaksud dalam angka 1 dan 2 ketentutan mengenai kerahasiaan menjadi tidak berlaku, apabila:
  5. Informasi rahasia tersebut menjadi tersedia untuk masyarakat umum.
  6. Informasi rahasia tersebut diperintahkan untuk dibuka untuk memenuhi perintah pengadilan atau badan pemerintahan lain yang berwenang.
  7. Informasi rahasia tersebut diberikan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  8. Pelanggan Aset Kripto selanjutnya menyetujui untuk melakukan segenap upaya dan mengambil setiap tindakan yang diperlukan untuk menghindari pihak-pihak ketiga dalam memperoleh akses terhadap atau mengakibatkan terjadinya pengungkapan atas informasi rahasia.
  9. Dalam hal kerjasama telah berakhir, Pelanggan Aset Kripto sepakat bahwa kewajiban untuk merahasiakan dokumen dan materi yang merupakan informasi rahasia sebagaimana diatur dalam ketentuan ini akan tetap berlaku.
Kelalaian

Kelalaian

  1. Pelanggan Aset Kripto sepakat bahwa yang dimaksud dengan Kelalaian (Wanprestasi) adalah hal atau peristiwa sebagai berikut:
  • Kelalaian (Wanprestasi).
  • Apabila Pelanggan Aset Kripto lalai dalam melaksanakan sesuatu kewajiban atau melanggar suatu ketentuan dalam SKU.
  • Pernyataan Tidak Benar.
  • Bilamana ternyata bahwa suatu pernyataan atau jaminan yang diberikan oleh Pelanggan Aset Kripto dalam SKU – tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataannya.
  1. Dalam hal terjadi suatu kejadian kelalaian berdasarkan angka 1 ketentuan kelalaian ini oleh Pelanggan Aset Kripto, maka Reku dapat memilih apakah tetap meneruskan atau menutup akun Pelanggan Aset Kripto. Apabila Reku berkehendak untuk menutup akun Pelanggan Aset Kripto, maka kehendak tersebut harus diberitahukan kepada Pelanggan Aset Kripto dalam waktu yang wajar menurut Reku.
  2. Dalam hal terjadi kejadian kelalaian oleh Pelanggan Aset Kripto sebagaimana dimaksud, maka Reku berhak dengan seketika melakukan penonaktifan akun Pelanggan Aset Kripto pada Reku tanpa harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan Aset Kripto, dan Pelanggan Aset Kripto dengan ini setuju bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala tuntutan dan atau gugatan dan atau klaim dan atau permintaan ganti kerugian dari pihak manapun yang mungkin timbul sehubungan dengan terjadinya kelalaian tersebut.
  3. Reku tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan dan Pelanggan Aset Kripto dengan ini setuju bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak manapun atas segala tuntutan dan atau gugatan dan atau klaim dan atau permintaan ganti kerugian dari pihak manapun yang mungkin timbul sehubungan dengan terjadinya suatu kejadian akibat dari kelalaian atau ketidaktahuan Pelanggan Aset Kripto pada saat bertransaksi deposit atau withdraw coin seperti contohnya:
  • Salah memasukkan alamat wallet tujuan.
  • Tidak memasukkan atau salah memasukkan Memo ID atau Destination Tag untuk coin yang menggunakan Memo ID atau Destination Tag.
  • Salah memilih chain (jaringan blockchain).
  • Salah memilih jenis coin.
Pemblokiran dan Pembekuan Akun

Pemblokiran dan Pembekuan Akun

  1. Dalam rangka menjalankan prinsip kehati-hatian, Reku berhak dan Pelanggan Aset Kripto dengan ini memberi kuasa kepada Reku untuk memblokir baik sebagian atau seluruh saldo Pelanggan Aset Kripto (hold amount) dan/atau mendebetnya serta melakukan pemberhentian akun, apabila terjadi hal berikut:
    1. Adanya permintaan dari pihak perbankan dikarenakan adanya kesalahan pengiriman dana dan pihak perbankan tersebut meminta dilakukan pemblokiran.
    2. Menurut pendapat dan pertimbangan Reku terdapat kesalahan penerimaan transaksi.
    3. Reku digunakan sebagai tempat penampungan yang diindikasikan hasil kejahatan termasuk namun tidak terbatas pada Tindak Pidana korupsi, penyuapan, narkotika, psikotropika, penyelundupan tenaga kerja, penyelundupan manusia, bidang perbankan, bidang pasar modal, bidang perasuransian, kepabeanan, cukai, perdagangan manusia, perdagangan senjata gelap, terorisme, penculikan, pencurian, penggelapan, penipuan, pemalsuan, perjudian, prostitusi, bidang perpajakan, dan terorisme;
    4. Pelanggan Aset Kripto dinilai lalai dalam melakukan kewajiban berdasarkan SKU;
    5. Kebijakan Reku atau oleh suatu ketetapan pemerintah atau instansi yang berwenang atau peraturan yang berlaku, sehingga Reku diharuskan melakukan pemblokiran dan atau pembekuan akun Reku tersebut.
  2. Apabila terjadi pemberhentian akun, Pelanggan Aset Kripto setuju dan menyatakan bersedia untuk tetap terikat dengan SKU menghentikan penggunaan layanan Reku, memberikan hak kepada Reku untuk menghapus semua informasi dan data dalam server Reku, dan menyatakan Reku tidak bertanggung jawab kepada Pelanggan Aset Kripto atau Pihak Ketiga atas penghentian akses dan penghapusan informasi serta data dalam akun Pelanggan Aset Kripto.
Hak Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual

  1. Pelanggan Aset Kripto menyatakan dan menyetujui Reku sebagai pemegang hak kepemilikan atas layanan, perangkat lunak, alat teknologi dan konten, situs, dan bahan lain termasuk Hak Kekayaan Intelektual yang terkait dengan fasilitas Reku.
  2. Pelanggan Aset Kripto hanya diperbolehkan untuk melihat, mencetak dan/atau mengunduh kopi material dari Reku untuk penggunaan pribadi dan non-komersial. Seluruh penggunaan komersial perlu mendapatkan ijin dari PT Rekeningku Dotcom Indonesia. Setiap kegiatan komersil tanpa seijin PT Rekeningku Dotcom Indonesia diartikan sebagai pelanggaran atas Hak Kekayaan Intelektual Reku dan mengakibatkan pemberhentian akun Reku pada Pelanggan Aset Kripto.
Keamanan

Keamanan

Reku telah menerapkan jaringan dan tindakan keamanan sebagai jaringan pengaman informasi terhadap akses yang tidak sah dalam penggunaan, perubahan dan/atau pengungkapan akun, dengan standar keamanan yang telah sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Masuknya pihak bertanggung jawab terhadap akses dalam penggunaan, perubahan dan/atau pengungkapan akun dari pihak ketiga akibat kelalaian dan/atau kesalahan Pelanggan Aset Kripto berakibat ditanggungnya resiko oleh Pelanggan Aset Kripto, maka Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak lain manapun atas segala risiko, tanggungjawab dan tuntutan apapun yang mungkin timbul sehubungan dengan adanya kelalaian/kesengajaan/kesalahan Pelanggan Aset Kripto dalam memberikan informasi.

Force Majeure

Force Majeure

  1. Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang terjadi di luar kemampuan dan kekuasaan Reku sehingga mempengaruhi pelaksanaan transaksi antara lain namun tidak terbatas pada:
  • Gempa bumi, angin topan, banjir, tanah longsor, gunung meletus dan bencana alam lainnya.
  • Perang, demonstrasi, huru-hara, terorisme, sabotase, embargo, dan pemogokan massal.
  • Kebijakan ekonomi dari Pemerintah yang mempengaruhi secara langsung.
  1. Sepanjang Reku telah melaksanakan segala kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan terjadinya Force Majeure tersebut, maka Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto atau pihak lain manapun atas segala risiko, tanggungjawab dan tuntutan apapun yang mungkin timbul sehubungan dengan keterlambatan maupun tidak dapat dilaksanakannya kewajiban akibat Force Majeure.
Pemberitahuan

Pemberitahuan

  1. Pelanggan Aset Kripto menyatakan setuju untuk berkomunikasi dengan Reku dalam format elektronik, dan menyetujui bahwa semua syarat, kondisi, perjanjian, pemberitahuan, pengungkapan atau segala bentuk komunikasi lainnya yang disediakan oleh Reku kepada Pelanggan Aset Kripto secara elektronik dianggap sebagai tertulis.
  2. Pelanggan Aset Kripto menyatakan setuju untuk menerima email dari Reku. E-mail yang dikirim dapat berisi informasi seputar akun, transaksi, sistem, promosi dan lain sebagainya.
Standar Pengaduan

Standar Pengaduan

Pengaduan Pelanggan Aset Kripto di sini terkait dengan pemberitahuan pelanggaran data dan/atau apabila terjadi permasalahan yang berkenaan dengan kepemilikan Aset Kripto yang dimiliki oleh Pelanggan Aset Kripto dan/atau permasalahan yang berhubungan dengan akun Pelanggan Aset Kripto yang ada di Reku. Apabila terjadi permasalahan tersebut, Pelanggan Aset Kripto dapat langsung menghubungi Reku melalui livechat yang kami sediakan dan akan kami layani selama 24 jam penuh setiap harinya (Livechat Reku tetap beroperasi di tanggal merah hari libur nasional

Penyelesaian Perselisihan

Penyelesaian Perselisihan

Setiap perselisihan, sengketa atau perbedaan pendapat (selanjutnya disebut sebagai “Perselisihan”) yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan kerjasama akan diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

  1. Bahwa setiap Perselisihan, sepanjang memungkinkan, akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mufakat.
  2. Setiap Perselisihan yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Domisili Hukum

Domisili Hukum

SKU dibuat, ditafsirkan dan diberlakukan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Reku dan Pelanggan Aset Kripto telah sepakat untuk memilih tempat kediaman hukum yang umum dan tidak berubah pada Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Pajak

Pajak

Bahwa pajak atas aktivitas perdagangan Aset Kripto adalah pajak yang ditanggung oleh masing-masing pelaku kegiatan, dalam hal ini Pelanggan Aset Kripto dan Reku. Reku tidak menanggung pajak Pelanggan Aset Kripto kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Lain-lain

Lain-lain

  1. SKU ini tunduk dan diberlakukan berdasarkan pada UU No 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang dan Peraturan Kepala PPATK No.PER-09/1.02.2/PPATK/09/12, No. PER-12/1.02/PPATK/06/13, PER-12/1.02.1/PPATK/09/11 dan No. PER-02/1.02/PPATK/02/2014 . Oleh karenannya, segala transaksi dengan nominal diatas Rp 100,000,000,- (seratus juta rupiah) diwajibkan adanya pelaporan transaksi tersebut kepada pihak PPATK.
  2. Untuk hal-hal yang belum diatur dalam SKU, maka akan berlaku seluruh ketentuan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata serta ketentuan-ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.
  3. Jika Reku melakukan perubahan terhadap isi SKU ini maka Reku akan memberitahukan perubahannya kepada Pelanggan Aset Kripto sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku melalui media pemberitahuan yang dianggap baik oleh Reku dan selanjutnya Pelanggan Aset Kripto akan tunduk pada perubahan SKU tersebut. Perubahan setiap lampiran dari SKU akan disepakati dan untuk selanjutnya merupakan satu kesatuan dengan dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SKU.
  4. Apabila Pelanggan Aset Kripto melakukan tindakan-tindakan di luar ketentuan SKU, maka Pelanggan Aset Kripto akan bertanggung jawab sepenuhnya dan dengan ini setuju bahwa Reku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan Aset Kripto, atau pihak manapun atas segala tuntutan dan atau gugatan dan atau klaim yang diajukan pihak lain sehubungan dengan tindakan-tindakan yang dilakukan Pelanggan Aset Kripto tersebut.
  5. Pelanggan Aset Kripto wajib mematuhi seluruh persyaratan yang dicantumkan di dalam SKU. Kelalaian Pelanggan Aset Kripto didalam mentaati atau melaksanakan isi dari SKU pada satu atau beberapa kali kejadian, tidak akan menghilangkan kewajiban Pelanggan Aset Kripto untuk tetap memenuhi segala persyaratan yang terdapat di dalam SKU.
  6. Pertanyaan seputar Ketentuan dan Persyaratan atau perihal lain, dilakukan melalui [email protected]

Syarat dan Ketentuan Umum Pelanggan Aset Kripto Reku Ini Telah Disesuaikan Dengan Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

Artikel Terbaru